Akankah FOMC Mengejutkan Pasar?

Akankah FOMC Mengejutkan Pasar?

Diperbarui • 2023-01-31

Bulan pertama tahun 2023 relatif baik bagi kinerja pasar saham, setidaknya dibandingkan dengan tahun 2022. Indeks S&P 500 naik sekitar 4,6% sejak awal tahun. Namun, menjadi awal yang buruk bagi dolar AS yang terus melemah, turun hampir 1,5% di Januari ini.

Pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal, atau FOMC, dapat menambah momentum positif itu — atau menggagalkannya. Itu tergantung pada seberapa besar komite menaikkan suku bunga.

Kali ini, FOMC dilakukan pada 31 Januari hingga 01 Februari dan akan merilis hasil rapat kebijakannya pada Kamis jam 01.00 dinihari WIB.

Apa itu FOMC, dan mengapa menaikkan suku bunga?

FOMC adalah sekelompok pejabat Federal Reserve yang bertanggung jawab untuk menetapkan suku bunga acuan. Komite bertemu setidaknya delapan kali setahun, dan setelah setiap pertemuan, ia mengumumkan target suku bunga baru dalam upaya menjaga inflasi dan lapangan kerja tetap stabil.

The Fed menaikkan suku bunga untuk mencoba mengendalikan inflasi.

 US Inflation Rate.jpg

Dengan menaikkan suku bunga, Fed bertujuan untuk mengurangi pinjaman oleh bisnis dan konsumen — sehingga menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi secara keseluruhan. Idenya adalah untuk menurunkan inflasi dengan mengurangi permintaan di seluruh perekonomian.

Namun, pasar saham tidak menyukai penurunan aktivitas ekonomi secara keseluruhan – jadi mereka akan sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga.

 USD GDP Growth.jpg

Apa yang diharapkan pasar dari pertemuan FOMC ini?

The Fed telah memproyeksikan akan menaikkan suku bunga kebijakan utamanya menjadi antara 5% dan 5,25% dan mempertahankannya setidaknya sampai akhir tahun. Pandangan hawkish ini yang ditakuti banyak investor karena akan membuat resesi yang tak terelakkan atau memperburuk penurunan ekonomi. Tingkat suku bunga saat ini berada antara 4,25% dan 4,50%. Untuk saat ini, banyak investor menganut pandangan yang lebih dovish, bertaruh bahwa pembuat kebijakan akan berubah jika pertumbuhan mulai melambat.

Investor mengantisipasi kenaikan 25 bps bagi FED dan masing-masing 50 bps bagi BOE dan ECB. Namun investor akan berfokus juga pada komentar ketua FED Jerome Powell untuk mengetahui jalur atau siklus suku bunga berikutnya.

Keluar dari skenario ini, atau lebih hawkish maka dolar akan menguat signifikan dan mata uang hingga komoditas berbasis dolar akan jatuh.

Tingkat Suku Bunga.jpg

Analisa Teknikal US500 (S&P500)

US500Daily.png

Analisa Teknikal EMAS (XAUUSD)

XAUUSDDaily.png

Analisa Teknikal GBPUSD

GBPUSDDaily.png

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSDDaily.png

 Mulai Trading Sekarang.png

Silahkan Akses kanal Telegram kami untuk Update Pasar dan Rencana Trading setiap harinya

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera