Bagaimana Euro dan Sterling Hadapi Keputusan ECB dan BoE?

Bagaimana Euro dan Sterling Hadapi Keputusan ECB dan BoE?

Diperbarui • 2023-02-02

Dolar AS terus melemah setelah FED menaikan suku bunga 25 bps disertai komentar FED Powell yang dianggap dovish oleh pasar.

FED Powell menggunakan kata kunci “disinflasi” yang artinya kondisi inflasi mereda atau akan hilang. Ini memicu sentimen risk appetite dengan harapan FED akan segera mengakhiri siklus kenaikan suku bunganya.

Fokus akan beralih kepada event bank sentral Inggris (BoE) dan bank sentral Eropa (ECB). Kedua bank ini diperkirakan akan menaikan suku bunga masing-masing 50 bps seiring inflasi di kedua wilayah itu masih tinggi.

Bank Sentral Inggris (BOE)

Pengumuman kebijakan moneter Bank of England diharapkan menjadi sorotan pada hari Kamis (02/02/23).

Ekonomi Inggris yang diperkirakan akan mengalami resesi dan lebih buruk daripada rekan-rekannya pada tahun 2023, Gubernur Andrew Bailey Cs harus menilai seberapa besar dampak penundaan kenaikan suku bunga mereka sejauh ini.

Bailey mengatakan ada harapan bahwa lonjakan harga akan segera berakhir setelah inflasi harga konsumen turun dari level tertinggi 41 tahun sebesar 11,1% pada bulan Oktober menjadi 10,5% pada bulan Desember.

Namun, Kepala Ekonom BoE Huw Pill telah memperingatkan risiko bahwa pertumbuhan harga akan tertahan di atas target 2% BoE.

Sterling sempat melemah terhadap dolar AS pada hari Senin (30/01/23) menjelang sejumlah pertemuan bank sentral minggu ini termasuk Bank of England, yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga untuk kali ke-10 berturut-turut.

BoE terlihat berada di jalur kenaikan suku bunga pertamanya tahun ini, dengan harga pasar dalam kenaikan setengah poin persentase menjadi 4% pada hari Kamis. Pasar saat ini memperkirakan peluang 80% dari kenaikan BoE 50 basis poin.

Bank Sentral Eropa (ECB)

Bank Sentral Eropa akan menaikkan suku bunga lagi pada hari Kamis dan memperkirakan lebih banyak kenaikan untuk beberapa bulan ke depan, dengan satu-satunya pertanyaan terbuka adalah seberapa besar ini akan terjadi.

ECB telah menaikkan suku bunga dengan rekor kecepatan untuk melawan serangan tiba-tiba inflasi tinggi di zona euro - produk sampingan dari faktor-faktor termasuk akibat dari pandemi COVID-19 dan krisis energi setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Bank sentral untuk 20 negara yang berbagi euro terlihat menaikkan suku bunga deposito setengah poin persentase menjadi 2,5% pada hari Kamis, sejalan dengan apa yang dikatakan pada bulan Desember.

Ini akan membawa suku bunga yang dibayarkan ECB pada deposito bank ke level tertinggi sejak November 2008, setelah naik stabil dari rekor terendah -0,5% di bulan Juli.

Kami menduga ECB akan mengulangi pesan hawkishnya di bulan Februari karena masih ada ketidakpastian mengenai tekanan inflasi yang mendasarinya dan perubahan nada akan merusak kredibilitas ECB.

ECB juga akan mengungkapkan bagaimana tepatnya rencananya untuk mengurangi saham obligasi multi-triliun euro di neraca, melepaskan beberapa pembelian aset yang dilakukannya untuk meningkatkan inflasi selama hampir satu dekade ketika itu terlalu rendah.

Analisa Teknikal GBPUSD

GBPUSD - Rate Rise.png

Analisa Teknikal EURUSD

EURUSD - Rate Rise.png

Menyerupai

Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang
Risiko Intervensi Hentikan Pelemahan Yen Jepang

Pasar saham Asia bergerak datar dengan bias bearish pada perdagangan Senin (25/03/2024), karena sentimen tetap tegang menjelang data ekonomi utama minggu ini, sementara risiko intervensi mata uang dari Jepang menghentikan

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera