Terganjal Risalah BoJ, USDJPY Berjuang Lanjutkan Kenaikan Pekan Lalu

Terganjal Risalah BoJ, USDJPY Berjuang Lanjutkan Kenaikan Pekan Lalu

Diperbarui • 2023-01-23

USDJPY rebound dari level terendah intraday setelah risalah pertemuan kebijakan moneter Bank of Japan (BoJ) gagal mendorong kembali bias hawkish bank sentral Jepang. Melemahnya indeks dolar AS di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga yang lebih rendah oleh the Fed dan melemahnya kondisi ekonomi AS berperan dalam penurunan USDJPY di awal perdagangan pekan ini.

Risalah BoJ terbaru menyatakan bahwa salah satu anggota mengatakan tidak pantas untuk mengubah target kebijakan. Bersamaan dengan itu, pernyataan Risalah juga menyatakan, "Beberapa anggota mengatakan efek pelonggaran moneter yang kuat akan berlanjut bahkan jika BoJ memperluas jangkauan di sekitar target imbal hasil." Angka inflasi yang lebih kuat dari Jepang dan penyesuaian kebijakan Yield Curve Control (YCC) BoJ pada bulan sebelumnya tampaknya telah memicu bias hawkish untuk bank sentral Jepang.

Sementara itu, pejabat Fed terus bersikap hawkish menjelang masa Blackout pra-FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) selama dua minggu. Gubernur Federal Reserve Christopher Waller menjadi orang terakhir dari pembicara bank sentral AS yang menyampaikan pesan dan mengatakan bahwa dia mendukung kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan mendatang dan melanjutkan pengetatan kebijakan di luar itu.

Reaksi Pasar

USDJPY yang sempat turun dan menyentuh level terendah intraday setelah risalah BoJ yang memancarkan sinyal beragam karena mayoritas mendukung pengenduran kebijakan, perlahan mulai kembali menguat. Sementara sentimen yang beragam, pelemahan Dolar AS yang luas memberikan tekanan USDJPY di awal pekan yang lesu ini. Namun, dengan liburnya pasar China dapat membatasi pergerakan pasar.

Tren

USDJPY rebound dari level terendah intraday mendekati level psikologis 129.00, setelah melanjutkan penurunannya sejak pembukaan perdagangan bursa AS di sesi Jumat. Namun, perbedaan harapan pasar akan langkah hawkish BoJ dan penundaan Fed dalam kenaikan suku bunga tampaknya membuat USDJPY masih akan bearish.

Rencana Perdagangan

Potensi Buy USDJPY pada level 130.10 jika mampu menembus level 130.00 dengan target profit pada level 130.50/13070.

Potensi Sell USDJPY jika gagal melanjutkan kenaikan pada level 129.40 dengan target profit pada level 129.20/129.10

USDJPY 23012023.jpg

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera