1. FBS Broker >
  2. Blog >
  3. Bagaimana Cara Trading dengan Pola Megaphone?
Diperbarui • 2022-12-21

Bagaimana Cara Trading dengan Pola Megaphone?

CREATIVE-434 How to Trade Megaphone Patterns__1200x675_1_cover.png

Apa itu pola megaphone?

Pola megaphone adalah pola grafik yang terjadi saat pergerakan harga menjadi fluktuatif. Pola ini terdiri dari setidaknya dua titik tertinggi yang lebih tinggi dan dua titik terendah yang lebih rendah, yang terbentuk dari lima ayunan (swing) yang berbeda. Setiap ayunan lebih besar dari yang sebelumnya, dan titik tertinggi yang lebih tinggi dan titik terendah yang lebih rendah dapat dihubungkan oleh dua garis tren menyimpang, yang menyerupai bentuk megaphone dan memberi nama pada pola tersebut.

Anda biasanya dapat melihat pola ini di puncak atau dasar suatu pasar. Ini menunjukkan bahwa trader tidak yakin tentang arah pasar dan mencoba untuk masuk atau keluar dari trade secepat mungkin, yang menyebabkan terbentuknya ayunan yang lebih besar.

1.1.png

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang cara-cara untuk mengidentifikasi pola megaphone, apakah pola megaphone itu bullish atau bearish, karakteristik utama dari pola ini, dan cara trading dengan pola megaphone ketika Anda menemukannya dalam grafik.

Poin Utama:

  • Pola megaphone terjadi di pasar yang bergejolak saat pembeli dan penjual bersaing untuk mengendalikan pasar.
  • Pola megaphone terdiri dari lima ayunan yang membentuk setidaknya dua titik tertinggi yang lebih tinggi dan dua titik terendah yang lebih rendah. Jika garis tren yang ditarik melalui titik tertinggi yang lebih tinggi dan titik terendah yang lebih rendah menyimpang, pola ini adalah megaphone.
  • Pola megaphone bisa bullish atau bearish, tetapi sulit untuk mengatakan dengan pasti pola apa itu sampai harga ditutup di luar pola dan mengonfirmasi dimulainya tren baru atau kelanjutan dari yang sebelumnya.
  • Trader dapat menggunakan pola megaphone dalam strategi trading yang berbeda, tergantung pada gaya trading pilihan mereka dan apakah pola tersebut gagal atau tidak.

Bagaimana cara mengidentifikasi pola megaphone?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pola megaphone terdiri dari lima ayunan yang membentuk titik tertinggi yang lebih tinggi dan titik terendah yang lebih rendah. Jika Anda melihat suatu harga bergerak dengan ayunan yang serupa dalam rentang yang semakin melebar, Anda dapat memeriksa apakah itu benar-benar pola grafik megaphone dengan menggambar dua garis tren: satu melalui titik-titik tertinggi yang lebih tinggi, dan satu lagi melalui titik-titik terendah yang lebih rendah. Jika garis tren menyimpang ke arah yang berlawanan, Anda pasti sedang menemukan pola megaphone.

2.png

Hal lain yang harus Anda ketahui adalah kapan dan mengapa pola megaphone dapat muncul di grafik. Pola megaphone terjadi saat pasar sedang mengalami periode volatilitas. Pola ini tidak mengindikasikan tren harga tertentu. Melainkan, pola ini memberi tahu kita bahwa para trader tampaknya tidak sepakat akan harga aset. Mereka mengikuti emosinya dan mulai membeli ketika harga tampak rendah dan menjual ketika harga tampak tinggi bagi mereka. Ayunan ini menghentikan harga dari mengikuti tren tertentu, yang menyebabkan lebih banyak keraguan di antara para trader.

Secara alami, bahkan periode volatilitas seperti itu juga akan berakhir, jadi ada strategi bagus yang memungkinkan trader berkepala dingin untuk memanfaatkan pola megaphone untuk mendapatkan keuntungan. Hal terpenting yang harus mereka lakukan adalah tetap tenang dan tidak membiarkan kepanikan mendikte keputusan mereka.

Apakah pola megaphone itu bullish atau bearish?

Pola megaphone bisa menjadi bullish dan bearish, tergantung di mana grafik itu terbentuk. Itu sebabnya pola megaphone biasanya dibagi menjadi megaphone atas dan megaphone bawah.

3.3.png

  • Megaphone atas adalah pola megaphone bearish yang menunjukkan kemungkinan pembalikan dari tren naik ke tren turun atau kelanjutan dari tren turun. Umumnya, megaphone atas terdiri dari tiga titik tertinggi yang lebih tinggi dan dua titik terendah yang lebih rendah. Pola ini dianggap selesai ketika harga menembus garis tren yang ditarik melalui lembah (trough) pola. Jika ini terjadi, kemungkinan besar pasar akan mulai bergerak dalam tren penurunan baru.
  • Megaphone bawah dianggap kurang umum terjadi dibandingkan dengan yang bearish. Berbeda dengan megaphone atas, megaphone bawah adalah pola megaphone bullish yang terjadi sebelum potensi pembalikan dari tren turun ke tren naik atau menunjukkan kelanjutan dari tren naik. Pola ini cenderung mencakup tiga titik terendah yang lebih rendah, dan dua titik tertinggi yang lebih tinggi. Setelah titik terendah ketiga, harga biasanya bergerak naik dan menembus garis tren yang ditarik melalui titik-titik tertinggi, yang menandakan selesainya pola dan dimulainya tren naik yang baru.

Namun, sulit untuk mengatakan apakah pola megaphone ini mengawali pembalikan atau kelanjutan dari suatu tren. Untuk mengetahui arah tren masa depan secara pasti, lebih baik menunggu hingga harga menembus garis support atau resistance dan pola tersebut terkonfirmasi. Barulah kemudian aman untuk membuka trade.

Apa itu formasi yang melebar?

Formasi yang melebar (broadening formation) adalah nama lain dari apa yang sekarang kita kenal sebagai pola megaphone. Formasi yang melebar bisa bullish (melebar di bawah) atau bearish (melebar di atas) dan umumnya mengindikasikan potensi pembalikan tren.

Namun, jika kita melihat gambaran yang lebih besar, formasi yang melebar lebih dikenal sebagai indikator volatilitas. Pola ini mulai terbentuk ketika pasar mengalami periode risiko yang lebih tinggi. Ini terjadi karena para trader tidak yakin ke mana harga akan bergerak selanjutnya, sehingga berfluktuasi antara naik dan turun.

Formasi yang melebar juga lebih banyak terjadi selama musim pendapatan ketika perusahaan mulai melaporkan pendapatan kuartalan mereka. Bergantung pada sukses atau tidaknya suatu perusahaan, trader akan memiliki reaksi optimis atau pesimis yang berbeda, yang memengaruhi pergerakan harga dan dapat mengarah pada pembentukan pola megaphone.

Karakteristik pola trading megaphone

Karena sekarang kita tahu apa itu pola megaphone, mari pelajari parameter utamanya dengan lebih terperinci.

Volume

Parameter pertama dari pola megaphone yang harus Anda perhatikan adalah volume. Seperti yang Anda ketahui, volume adalah indikator teknis yang menunjukkan jumlah total aset yang diperdagangkan selama periode waktu tertentu. Volume menunjukkan seberapa banyak trader yang aktif di pasar dan apakah aset yang dimaksud sedang diminati atau tidak. Volume juga digunakan oleh para trader untuk mengonfirmasi kelanjutan atau pembalikan tren. Jadi seperti yang Anda lihat, volume dapat memberi Anda cukup banyak informasi tentang situasi pasar saat ini.

Dalam hal volume, ada baiknya trader mengenali pola megaphone pada grafik. Trader mungkin melihat bahwa volume melonjak seiring dengan harga dalam pola megaphone. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa volume biasanya meningkat dan tetap tinggi saat pola terbentuk. Namun, volume tidak menunjukkan potensi pembalikan atau kelanjutan dari tren sebelumnya karena tidak terlihat menonjol ketika salah satunya terjadi.

Perilaku yang mendasari

Hal berikutnya yang akan kita lihat adalah perilaku yang mendasarinya. Seperti yang kita pelajari, pola megaphone terjadi saat trader mencoba untuk menguasai aset. Pembeli terus membeli dan mendorong harga aset naik sementara penjual, sebaliknya, mencoba melawan pertumbuhan ini dan menjual aset saat harga tinggi, yang mendorongnya semakin rendah. Ayunan harga terus membentuk titik tertinggi dan terendah yang baru, dan jika Anda menggambar dua garis tren melalui titik-titik ini, Anda akan melihat bahwa garis-garis tersebut menyimpang ke arah yang berbeda. Sebagai aturan, ketidakpastian dan ketegangan yang meningkat ini biasanya berakhir dengan satu pihak tidak mengambil tindakan lebih lanjut dan pihak satunya mendominasi pasar. Pola tersebut diakhiri dengan tren yang bergerak ke arah pihak pemenang, baik melanjutkan maupun membalikkan tren yang sebelumnya.

Cara trading dengan pola megaphone

Meskipun sifatnya tidak meyakinkan, pola megaphone memberikan banyak peluang trading. Trader dengan megaphone dapat menggunakan beberapa jenis strategi, tergantung pada gaya trading mereka.

Trading saat penembusan

Cara pertama untuk trading dengan pola megaphone adalah dengan trading di saat penembusan. Penembusan terjadi ketika harga menembus salah satu garis tren dan menutup di luar pola. Penembusan dapat berupa bullish atau bearish, dan trader menganggapnya sebagai konfirmasi pola dan arah tren berikutnya.

Trading saat penembusan berarti menunggu hingga harga ditutup di luar pola, mengonfirmasi penyelesaian pola megaphone, dan membuka trade saat arah pergerakan harga sudah jelas. Perhatikan bahwa lebih baik menunggu sebentar untuk melihat apakah penembusan gagal sebelum mengambil keputusan.

4.png

Ketika sampai pada target minimum, strategi yang umum adalah mengukur jarak antara titik tertinggi dan terendah pada pola, menggambar garis dengan jarak yang sama dari titik penembusan ke arah tren baru, dan kemudian memasang target minimum pada 60% dari panjang garis yang dihasilkan.

Untuk Stop Loss, aturan umumnya adalah menarik garis melalui Pivot Point High yang kedua (untuk tren bullish) atau Pivot Point Low (untuk tren bearish) dan memasang stop loss pada level ini.

Trading ayunan

Karena pola megaphone terdiri dari beberapa ayunan, ini adalah pola yang bagus untuk melakukan trading ayunan. Trader ayunan memanfaatkan pasar yang bergejolak, menggunakan kebimbangan mayoritas trader untuk mengambil keuntungan. Dalam kasus pola megaphone, trader ayunan dapat mencoba dan trading dalam pola tersebut, membeli saat harga mencapai titik terendah baru dan menjual saat harga mencapai titik tertinggi baru yang lebih tinggi. Strategi ini biasanya mengharuskan trader menunggu konfirmasi bahwa harga belum menembus salah satu garis tren.

Namun, Anda juga dapat trading pada ayunan di dalam pola. Anda hanya perlu menggunakan garis horizontal yang dibentuk oleh puncak dan lembah pola serta garis pivot. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan level Fibonacci retracement untuk menemukan garis support dan resistance potensial agar dapat trading langsung di dalam pola megaphone.

5.png

Kegagalan

Seperti pola lainnya, pola grafik megaphone dapat gagal melakukan penembusan. Walaupun demikian, masih mungkin untuk trading dengannya, meskipun penting untuk mengidentifikasi kegagalan dengan benar. Ini sebenarnya cukup mudah karena pola megaphone dianggap gagal jika harga tidak menembus salah satu garis tren setelah ayunan kelima. Jadi, jika misalnya Anda melihat pola ini di pasar bullish, dan melihat bahwa harga memantul dari garis tren setelah ayunan kelima, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan short saat harga turun di bawah level support terdekat.

6.png

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan level yang dibentuk oleh Pivot Point 4 sebagai target trading pertama Anda dan memasang target potensial kedua di garis tren yang lebih rendah dari pola tersebut. Sedangkan untuk stop loss, Anda dapat memasangnya di level di mana harga gagal menembus pola setelah ayunan kelima. Anda juga dapat menerapkan rasio risiko/profit sesuai dengan strategi trading Anda sendiri.

Kesimpulan

Dalam artikel ini kita belajar tentang pola grafik megaphone. Pola grafik megaphone terjadi ketika pasar sedang mengalami periode yang tidak stabil dan trader tidak dapat memutuskan berapa harga sebenarnya dari aset yang dimaksud.

Pola megaphone bisa menjadi bullish dan bearish, tetapi sulit untuk memprediksi arah pergerakan harga dan menemukan titik masuk dan keluar terbaik tanpa menggunakan indikator tambahan dan alat analisis teknis.

  • 88

Rasakan Semangat Tim

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera